6 Pilihan Profesi di Industri E-Sport yang Menjanjikan

May 28, 2018

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Industri olahraga elektronik atau e-sport semakin populer di dunia. Di Indonesia meskipun e-sport belum banyak dikenal oleh masyarakat. Namun industri ini tengah berkembang saat ini.

Menurut data dari Newzoo, Indonesia menempati urutan ke-16 pasar gaming global pada tahun 2017. Jumlah peminat gaming di Indonesia juga lumayan banyak, yakni 43,7 juta gamer.

Semakin maju industri e-sport di Indonesia, itu artinya banyak peluang karir baru yang terbuka. Berikut profesi e-sport yang dapat kalian tekuni selain menjadi atlet e-sport.

1. Caster

Orang yang bertindak sebagai komentator saat pertandingan e-sport di sebut caster, caster ini tugasnya sama saja seperti komentator sepakbola. Merekalah yang akan memandu jalannya pertandingan e-sport.

Seorang caster harus mengerti luar dalam tentang game yang sedang dipertandingkan, wajib memiliki wawasan yang luas, dan memiliki suara yang jelas.

2. Pembawa Acara

Kemeriahan turnamen e-sport tidak lepas dari peran pembawa acara, seorang pembawa acara harus memiliki keterampilan dalam membawakan suatu acara. Sama halnya dengan caster pembawa acara dituntut untuk paham tentang game yang dipertandingkan.

3. Analisis Pertandingan

Analisis pertandingan adalah orang yang bertugas menganalisa pertandingan e-sport yang dimainkan, baik itu sebelum mulainya pertandingan atau setelah pertandingan selesai, biasanya analisis pertandingan e-sport lebih dari dua orang.

4. Content Creator

Orang yang membuat konten-konten game, baik itu berupa tulisan atau video. Itulah yang disebut dengan content creator, kreativitas sangat dibutuhkan dalam membuat konten agar konten yang dihasilkan menarik.

5. Manajer Tim

Orang yang bertanggung jawab penuh atas sebuah tim, mengatur tentang jadwal tim, mengurus masalah kontrak pemain, dan orang yang selalu mendukung dan memotivasi tim. Itulah yang disebut manajer tim.

6. Pelatih

Pelatih juga dibutuhkan dalam dunia e-sport, untuk membaca kelemahan dan kekuatan sang lawan. Serta meracik strategi-strategi jitu yang dapat dimainkan oleh tim. Pelatih tentu harus mengetahui teknik-teknik dalam bermain game.

Semoga industri e-sport di tanah air dapat terus berkembang, karena jika industri e-sport berkembang maka industri lain juga dapat maju, seperti penulis naskah game, dan pembuat film yang diadaptasi dari game.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments