Komponen-komponen Yang Ada Pada Smartphone

May 23, 2018

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Untuk teman-teman yang punya gadget keren, apakah kalian tau apa aja sih komponen-komponen yang ada pada smartphonemu? pastinya tau dong meskipun cuma sedikit, nah oleh karena itu disini robothijau akan membahas tentang komponen-komponen yang ada pada ponsel pintar kalian. Supaya kalian gak pada bingung nih guys, yuk kita kupas
satu persatu.

1. System-on-Chip atau soC



Nah pasti kalian sering dengar nih istilah System-on-Chip atau SoC, yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), GPU (Grapics Processing Unit), modem LTE, prosesor layar, prosesor video, dan lainnya. SoC merupakan komponen vital yang ada pada smartphone karena SoC juga merupakkan otak dari sebuah smartphone.

Ada beberapa perusahanan ternama yang memproduksi SoC diantaranya, Qualcom, MediaTek, Huawei, Apple, dan perusahaan raksasa teknologi asal korea yaitu Samsung. Dengan mengusung arsitektur ARM (Advanced RISC Machines), yang membuat smartphone lebih bertenaga dan lebih hemat batrai.

2. Memori dan Media Penyimpanan (RAM & ROM)



Mustahil sebuah smartphone bisa dioperasikan jika tanpa adanya memori (RAM) dan media penyimpanan (ROM), karena pada media penyimpananlah sistem operasi terinstal. Jika  kamu memiliki penyimpanan 16GB biasanya itu hanya dapat digunakan kurang lebih 12-13GB saja, karena sisanya digunakan untuk sistem operasi dan aplikasi pra-install lainnya.

3. Layar



Layar merupakan komponen utama dari smartphone, karena tanpa layar smartphone tidak akan dapat dioperasikan oleh penggunanya. Untuk saat ini ada dua jenis layar yang sering 
dipakai yaitu LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan teknologi IPS (In Plane Switching), dan LED (Light Emitting Diode) yang memakai teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) atau Super AMOLED.

4. Baterai



Baterai dapat dikatakan menjadi nyawa bagi sebuah smartphone, karena batrailah yang menyuplay daya ke setiap komponen lainnya. Saat ini kapasitas batrai juga menjadi pertimbangan bagi pengguna smartphone, karena setinggi apapun spesifikasi sebuah smartphone, jika daya batrainya rendah maka smartphone itu tidak dapat bertahan lama saat digunakan tanpa cas. Ada 2 jenis baterai yang digunakan oleh sebuah smartphone yaitu, baterai removable dan non-removable.

5. Modem



Modem berfungsi untuk menangkap sinyal agar smartphone dapat terkoneksi, saat ini 4G LTE merupakan teknologi yang paling mutakhir, tak heran para vendor smartphone mulai menyiapkan SoC dengan kategori Cat.6 yang merupakan kategori terbaik di Indonesia. Sekarang perkembangan modem sudah sampai Cat.16, yang digunakan pada Snapdragon 835.

6. Kamera



Rasanya kurang lengkap jika sebuah smartphone tanpa adanya kamera, seperti sayur tanpa garam, kurang pas rasanya. kamera terdiri dari sensor cahaya, lensa, dan prosesor gambar. Teknologi yang lagi booming saat ini yaitu sensor dual kamera. Sekarang para vendor smartphone saling berlomba untuk menghadirkan kamera canggih, pada smartphone besutan mereka.

7. Sensor



Ada 5 sensor utama yang wajib terpasang pada sebuah smartphone diantaranya, Accelerometer, Gyroscope, Digital Compass, Ambient Light Sensor, dan Proximity Sensor. Mahal atau tidaknya sebuah smartphone juga dapat dipengaruhi oleh sensor tersebut.  

Bagaimana, menarik bukan pembahasan kali ini?. Semoga apa yang robothijau sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Oh ya jangan lupa ya baca juga artikel terkait Smartphone lainnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments